Selasa, 31 Juli 2012

0

info " MERBABU DEVIL BRIGDE "

  • Selasa, 31 Juli 2012
  • Unknown

  • bro pernah dengar gag jembatan setan merbabu ?? kalo belum ini die infonya........cekidot
     Jembatan Setan ( devil bridge ) ya kagak serem sihh namanya, kawasan ini berjurang di bawah puncak gunung Merbabu, berupa bukit selebar 1 - 1.5 meter dengan kanan kiri jurang. Para pendaki harus melewati wilayah ini jika ingin mencapai puncak Merbabu. Jalur pendakian ini hanya dijumpai apabila pendaki melalui jalur Wekas, Ngablak, dan Kopeng setelah melewati Pos Pemancar dan Helipad yang kemudian menghubungkan persimpangan ( batu sadel ) antara puncak Kenteng Syarif ( Gunung Pregodalem ) dan puncak Kenteng Songo.


    Sedangkan pendaki dari jalur Selo tidak melalui jembatan setan karena langsung menuju puncak Kenteng Songo. Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato  yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur, Propinsi Jawa Tengah. 

    Gunung Merbabu dikenal melalui naskah - naskah masa pra - Islam sebagai Gunung Damalung atau Gunung Pam(a)rihan. Di lerengnya pernah terdapat pertapaan terkenal dan pernah disinggahi oleh Pujangga Maniketimologi, "merbabu" berasal dari gabungan kata "meru" ( gunung ) dan "abu" ( abu ). Nama ini baru muncul pada catatan - catatan Belanda.


    Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Dilaporkan juga pada tahun 1570 pernah meletus, akan tetapi belum dilakukan konfirmasi dan penelitian lebih lanjut. Puncak gunungMerbabu berada pada ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut.

    Sekali lagi jika hendak menuju merbabu sebaiknya lewat jalur Kopeng tadi hingga nantinya melewati jembatan setan yang melegenda.Bagi pendaki pemula bisa lewat jalur Wekas yang relatif agak enak dilalui dan Base Camp yang lumayan menawarkan keenakan,yaitu minuman panas dan makanan.

    0 Responses to “info " MERBABU DEVIL BRIGDE "”


    *Important - If you want to be informed of any replies to your comment, check the "Subscribe By Email" before submitting. Please Do Not Spam

    Posting Komentar

    Geochat